Qurban Runaway 2018

Loading Event

« All Event

  • This event has passed.

Qurban Runaway 2018

Agustus 23 - Agustus 24 at
UPDATE 2
Pada hari Sabtu tanggal 28 Juli 2018, tim 
Qurban Runaway Senyum Indonesia 
mengunjungi satu daerah terpelosok di Jawa 
Barat yang insya Allah akan menerima 
manfaat dari acara Qurban Runaway 
1439H.Tempat tersebut adalah adalah Desa 
Gunamekar, Kecamatan Bungbulang, 
Kabupaten Garut. 
Tempat yang dengan segala keterbatasannya menyimpan sejuta inspirasi.
Selengkapnya di : https://senyumindonesia.org/desa-gunamekar-kecamatan-bungbulang-kabupaten-garut/


UPDATE 1
FAQ
1. Apa itu Qurban Runaway?
Qurban Runaway adalah program merayakan Hari Raya Qurban bersama warga pelosok Jawa Barat yang jarang mendapatkan distribusi daging qurban. 
2. Apa saja mata acaranya?
Distribusi qurban, lomba nyate, tabligh akbar, dauroh anak, balai pengobatan, pesta rakyat.
3. Siapa panitia penyelenggara qurban runaway?
Panitia penyelenggara qurban runaway adalah mahasiswa-mahasiswa se-Kota Bandung yang terkumpul dalam komunitas Senyum Indonesia.
4. Dimana lokasi kegiatan Qurban Runaway?
Qurban Runaway insya Allah akan dilaksanakan di 10 titik desa pelosok Jawa Barat. Akan tetapi hanya ada 1 desa saja yang dikunjungi ramai2 oleh panitia. Sisanya hanya dihadiri oleh perwakilan panitia.
5. Kapan Qurban Runaway dilaksanakan?
Dikarenakan hari libur Idul Adha jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Agustus 2018 sedangkan panitianya adalah mahasiswa yang masih berkuliah. Maka Qurban Runaway dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu tanggal 23-24 Agustus 2018. Pemotongan hewan qurban dilaksanakan pada hari tasyrik ke-3 hari Jumat tanggal 23 Agustus 2018.


Bagi masyarakat yang berada di perkotaan, Hari Raya Qurban adalah hari yang membawa kebahagiaan tersendiri. Di rumah-rumah, kantor, kelompok pengajian, perkumpulan mahasiswa dan tempat lainnya mereka riuh menikmati sate atau olahan-olahan daging yang mereka buat beramai-ramai dengan penuh sukacita. Jumlah daging yang mereka terima dari masjid-masjid sekitar lebih dari cukup untuk berpesta barbeque bahkan untuk beberapa hari ke depan.

Hal ini berbeda jauh dengan kondisi yang dialami oleh warga-warga di pelosok kampung. Mereka harus berpuas diri dengan hanya menikmati takbiran di Hari Raya Qurban, karena terkadang tak ada satupun hewan qurban yang dipotong atau daging qurban yang didistribusikan ke daerah mereka. Mereka tetap menikmati makanan sederhana seperti biasanya. Padahal di bandingkan dengan masyarakat perkotaan, mereka justru jarang sekali atau tidak pernah makan daging, karena daya beli mereka memang sangat jauh dibawah masyarakat kota.

Tahun lalu, Senyum Indonesia berhasil menempuh perjalanan yang cukup jauh dan berat, melewati jalanan berbatu nan terjal untuk menjumpai masyarakat di pelosok Ranca Buaya. Mereka adalah masyarakat dhuafa yang tinggal di rumah-rumah bilik dengan keterbatasan sumber air bersih. Jangankan makan daging, belanja ke warung saja hampir tak pernah mereka lakukan. Untuk kebutuhan makan sehari-hari mereka cukup mengambil sayuran yang tumbuh di kebun-kebun disekitar rumah mereka, lalu di olah dengan bumbu dan cara yang sangat sederhana.

Seusai acara, sebagai bentuk dari rasa terimakasih mereka, mereka membekali relawan Senyum Indonesia dengan aneka sayuran yang sehari-hari mereka makan. Seperti leunca, kacang panjang, terong, daun singkong, cabe dan petai. Sedikit yang Senyum Indonesia beri waktu itu ternyata terasa besar bagi mereka, dan menjadi hal yang betul-betul mereka syukuri. Alhamdulillah, lelahnya perjalanan berbagi terbayar sudah dengan hadirnya senyum-senyum kebahagiaan dari wajah polos mereka, dan semoga terbayar juga dengan indahnya janji Allah bagi orang-orang yang mau berbagi manfaat dan kebahagiaan bagi manusia lainnya yang membutuhkan.

Insyaa Allah tahun ini, Senyum Indonesia akan kembali mendistribusikan hewan qurban ke 10 kampung pelosok di Indramayu, Garut, Tasikmalaya, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Subang, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta dan Karawang.

Proposal kegiatan Qurban Runaway tahun ini dapat di akses diĀ Proposal Qurban Runaway 1439H


Dokumentasi Qurban Runaway 2017 dapat dilihat di link berikut.

 

 

Bagi yang mau berqurban melalui Senyum Indonesia, silahkan bisa langsung menghubungi Muhammad Dani Sirait (Kimia ITB 2016) di 0813-6075-4787. Hewan qurban sahabat sekalian insyaa Allah akan memberikan manfaat dan kebahagiaan lebih bagi masyarakat dhuafa di pelosok kampung sana. Semoga menjadi amal kebaikan yang berlipat bagi kita semuanya. Aamiin.

 

Web : senyumindonesia.org

Instagram : @senyum.indonesia

Facebook : Senyum Indonesia

Line : @oeh2686a

Detil

Mulai:
Agustus 23
Selesai:
Agustus 24

Event Navigation