Siang itu Senyum Indonesia kedatangan tamu istimewa, mereka adalah Mas Veri dan Mbak titin (nama samaran), sepasang kekasih penghuni jalanan jendral sudirman Bandung, yang sengaja datang dari Kudus, Jawa tengah. Mereka sebenarnya sedang berada di kudus saat itu, menjenguk sambil mengirim uang hasil memulung untuk anak semata wayang yang mereka titip di rumah nenek dikampungnya. Mendengar kabar Nikah massal Maret Merit yang sedang viral dikalangan pemulung Kota Bandung, merekapun bergegas ke Bandung meski harus menjual Hp satu2nya.

Mas Veri dan Mbak Titin sudah nikah siri sebelumnya, namun surat nikah siri mereka raib saat pada suatu hari mereka di grebek satpol PP. “orang lagi tidur mas tiba2 di grebek, pas bangun ya pusing dan panik, ga mikir apa2, langsung lari tunggang langgang ninggalin barang2. padahal KTP, surat nikah siri sama arsip lainnya juga ada disitu” begitu ujar mbak Titin kepada relawan senyum indonesia yang kebetulan menerima kedatangannya.

Pasangan ini sudah merasakan berat, pedih dan sakitnya hidup di jalanan, banyak kemudhorotan yang mereka rasakan. Mulai dari penyakit yang mulai berdatangan, hidup ga tenang di bawah bayang2 razia, sampai susahnya ibadah karena badan dan lingkungan yang kurang mendukung (kotor dan tidak kondusif). Mereka ingin menjalani taubat jalanan, dengan hidup bermasyarakat dan membangun keluarga yang samawa seperti manusia yang lain, namun ketiadaan surat nikah membuat mereka tak bisa hidup bermasyarakat, setiap mau ngekos pasti ditanya surat nikah, tanpa itu tak ada yang mau menerima mereka.

Seperti pelita ditengah gulita, Maret merit adalah sebuah harapan besar bagi mereka untuk hijrah meninggalkan jalanan dan memulai kehudupan baru yang lebih baik bersama anak kesayangan mereka. Kehidupan yang sehat, bermartabat dan dekat dengan Allah sang penguasa jagat.

Mari dukung Mas Veri, Mbak Titin dan puluhan pasang tunawisma lainnya untuk mendapatkan kehidupan baru yang lebih baik melalui maret merit, dukungan bisa disampaikan melalui

kitabisa.com/BantuNikahTunawisma
kitabisa.com/BantuNikahTunawisma

Maret Merit 2018
“Berkah Halalkan Cinta, Bahagia hingga ke Surga”


Oleh : Muhammad Hanif Adzkiya